Rencana Anti-Armageddon Siap Tahun 2009

Keseriusan para peneliti dan politisi di Amerika terhadap masalah ancaman tabrakan asteroid dengan bumi meningkat sejalan bertambahnya jumlah object dekat bumi (NEOs:Near Earth Objects) yang ditemukan.
Sampai dengan saat ini NASA terus memantau object dekat bumi yang berdiameter lebih besar dari 700 m, dari semua object yang dipantau diperkirakan 127 object dapat menabrak bumi.
Kongres Amerika meminta NASA untuk melakukan investigasi yang lebih detail mengenai ancaman asteroid yang dapat menimpa bumi.
Kongres mengatakan bahwa usaha NASA untuk menghadapi ancaman belumlah cukup.
Kongres telah mengubah target NASA sehingga membuat katalog dan melakukan tracking pada asteroid menjadi tugas NASA yang penting.
Tujuan baru NASA adalah mendeteksi semua object yang berukuran lebih besar dari 70m, tugas ini membutuhkan perangkat teleskop yang baru.

Nasa dapat membuat sistem teleskop baru atau menggunakan teleskop pendukung yang telah ada seperti Large Synoptic Survey Telescope (LSST) atau Panoramic Survey Telescope & Rapid Response System (Pan-Starrs), sebuah telescope lebar di Universitas Hawai.

Diperkirakan sekitar 20.000 asteroid yang dapat mengancam bumi menunggu untuk ditemukan.
Saat ini PBB sedang merancang apa yang harus dilakukan untuk menghadapi ancaman asteroid ini, dokumen final akan keluar tahun 2009.
Cara yang mungkin dilakukan untuk mengatasi asteroid yang akan menabrak bumi adalah dengan menabrakkan pesawat atau roket sehingga mengubah jalur dari asteroid.
Yang perlu diperhatikan adalah kita harus mulai bertindak untuk menghadapinya saat kemungkinan ancaman itu muncul, apabilah kita mulai bertindak saat ancaman itu sudah pasti muncul maka pastilah sudah terlambat.

Bagaimana dengan rencana Indonesia ???

No comments: